Peta Politik Indonesia Kacau Balau

Peta Politik Indonesia Kacau Balau
©ABC

Nalar Warga – Salah satu pertanda peta politik Indonesia kacau balau: susah banget menerangkan peta politik saat ini ke orang asing yang mau mengerti berita-berita dari Indonesia. Siapa kawan siapa lawan gak begitu jelas.

Misalnya, menerangkan peta politik Amerika gampang sekali. Ada 2 partai yang saling beroposisi, Democrat dan Republican. Di Republican, ada spektrum Tea Party vs Republican Establishment. Di Democrat, ada Left Wing vs Democrat Establishment. Orang-orangnya jelas.

Menerangkan peta politik Indonesia itu berakhir seperti bercerita tentang pertikaian rumit keluarga kerajaan tempo doeloe, siapa yang berpihak ke siapa gak jelas, di saat-saat tertentu membelot. Pokoknya gak bisa diterangkan dengan peta sederhana.

Itu artinya proses politik Indonesia sekarang sangat bersifat transaksional. Politik bagaikan dagang sapi. Yang pro ke pemerintah juga pada dasarnya pro ke pribadi, yaitu Jokowi; ada yang pro ke wapres mendatang. Yang lain-lain, tergantung hasil transaksi.

Dalam situasi seperti Indonesia, cara paling jernih adalah berpegang pada prinsip. Prinsip apa saja, yang dari agama, ideologi, atau prinsip ciptaan sendiri.

Jangan berpegang pada individu, atau ormas. Individu dan ormas di Indonesia kelihatannya gak bisa dipercaya.

Indonesia kacau karena negara menghantam ideologi-ideologi tertentu, menganak-emaskan ideologi yang lain, termasuk agama.

Dan rakyatnya malah fokus pro orang-orang tertentu, ada ormas tertentu. Kalau orang/ormas yang didukung berantem dengan yang lain, pendukungnya ikut repot dan berantem.

*Mentimoen

Warganet
Latest posts by Warganet (see all)