Politik Islam, Politik Indonesia

Politik Islam, Politik Indonesia
Politik Islam Hindia Belanda karya H. Aqib Suminto

Nalar Warga – Pada dasarnya politik Indonesia adalah politik Islam. Siapa pun yang mau mengerti Indonesia harus mengerti Islam. Dengan mengerti maka siapa pun bisa menguasai. Pengetahuan adalah kekuasaan.

Itulah yang dilakukan oleh pemerintah kolonial di masa lalu. Menyadari pentingnya Islam, mereka membentuk kantor khusus. Kantor ini mempelajari berbagai seluk beluk Islam dan dinamika umatnya.

Tidak cukup memahami konteks domestik, kantor ini meluaskan cakupan garapannya hingga ke Timur Tengah. Para pegawainya menelusuri sumber kebangkitan politik Islam di tanah kelahirannya.

Dapat dikatakan, kantor khusus yang dipimpin oleh Snouck Hurgronje itu berhasil menjalankan misinya. Hingga akhir era kolonial, kekuatan Islam politik berhasil dibendung. Memang sempat muncul perlawanan, terutama setelah Islam politik berkolaborasi dengan komunisme dan nasionalisme, tetapi hal itu pada akhirnya bisa diatasi.

Sebab bagaimana pun sebagai fakta sosial Islam adalah kekuatan terbesar. Oleh karena itu ia harus dikelola dalam kerangka kekuasaan (negara-bangsa) yang ada. Itulah yang dilakukan oleh semua rezim dari dulu hingga sekarang. Keberhasilan mengelola politik Islam adalah kunci untuk mengelola politik Indonesia.

*Amin Mudzakkir

___________________

Artikel Terkait:
Warganet
Latest posts by Warganet (see all)