Politisasi CFD Harus Dihentikan

Politisasi CFD Harus Dihentikan
Gerakan #2019GantiPresiden di Car Free Day (CFD) Jakarta, 29 April 2018 (Foto: TEMPO/Muhammad Hidayat)

PKS telah melanggar Pasal 7 Pergub DKI Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Tidak boleh ada kegiatan politik di CFD.

Ulasan Pers – Indonesia adalah negara demokrasi. Warga bisa sampaikan pandangan politik dan kritik. Tidak ada pihak mana pun yang bisa paksakan pandangan politik terhadap orang lain.

Namun, perlu dicatat, salah satu ciri khas negara demokratis adalah adanya hukum yang ditegakkan. Indonesia adalah negara hukum. Artinya, kebebasan menyampaikan aspirasi politik juga harus tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hari ini, publik sudah mencatat tindakan yang dilakukan seorang anggota DPR-RI dari Partai Keadilan Sejahtera. Sebagai negara demokrasi, kita tentu harus menghormati pendapat politik dan pesan politik melalui tagar ganti presiden ataupun kaos ganti presiden. Ini adalah hak PKS.

Tapi, perlu dicatat juga, PKS telah melanggar Pasal 7 Pergub DKI Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Tidak boleh ada kegiatan politik di Car Free Day (CFD).

Tindak tanduk PKS yang bukan partai kemarin sore ini meresahkan kita. Hukum tidak boleh dilanggar atas nama demokrasi. Karena tanpa hukum, demokrasi tidak ada.

Bila PKS ngotot, ada cara lebih pantas. Minta Gubernur DKI Anies Baswedan untuk revisi Pergub. Atau judicial review ke MA.

Kedua institusi ini harus mempertimbangkan dengan matang, dampak dari bolehnya CFD menjadi ajang politik praktis, di tengah gencarnya politisi melakukan kampanye negatif dan perlunya ruang publik yang nyaman bagi warga DKI Jakarta.

Kepada PKS dan seluruh pihak-pihak penyelenggara acara serupa, ada cara lebih terhormat dan mendidik masyarakat. Bukan mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan anarkis (melanggar hukum).

Salam Solidaritas!

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi
    Share!