Polman Peringkat I Angka Putus Sekolahnya

Polman Peringkat I Angka Putus Sekolahnya

Nalar PolitikSalah satu daerah di Provinsi Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Polewali Mandar (Polman), diungkap sebagai daerah ber-peringkat I angka putus sekolahnya. Hal tersebut dinyatakan oleh Ketua Bidang Reses dan Advokasi Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) Jakarta Rasdiana.

“Data anak putus sekolah terbanyak di Polman 35,61 persen, Mamuju 17,11 persen, Mamasa 16,59 persen, Majene, 15,83 persen, dan Mamuju Utara 9,16 persen,” terang Rasdiana seperti dilansur Sulbar Ekspress.

Karenanya, bagi Rasdiana, perlu ada lokakarya yang khusus melakukan pemetaan esklusi anaka terkait ini guna memberikan motivasi peningkatan pendidikan. Agenda semacam ini pun diharapkan memberi terobosan kepada anak usia dini agar tetap melanjutkan sekolah, apa pun aral perintangnya.

Meski demikian, ia mengaku bahwa faktor pemicu tingginya angka putus sekolah ini bersumber dari tingginya praktik pernikahan dini.

“Faktor pemicu anak putus sekolah, salah satunya pernikahan dini,” tambahnya.

Padahal, secara psikologis, mereka belum memiliki kematangan untuk menjadi orangtua, sehingga anak yang dimiliki nantinya tidak dapat dirawat dengan baik dan mendapatkan kekerasan, baik secara fisik ataupun verbal.

Dengan demikian, meminimalisir angka pernikahan dini, bagi Rasdiana, adalah juga satu upaya meredam meningginya angka putus sekolah di daerah Polman ini.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi
    Share!