Reversal Patterns di AUDUSD

Reversal Patterns di AUDUSD
©MetaTrader

Market News – Menurut ilmu Chart Patterns, setidaknya ada empat Reversal Patterns yang paling ampuh membalikkan harga. Mereka adalah Double Tops & Bottoms, Triple Tops & Bottoms, Head & Shoulders, dan Rounding Bottom Patterns.

Beberapa contohnya bisa Anda lihat di grafik Australian Dollar/US Dollar hari ini. Sejak September 2020, AUDUSD sudah berhasil membentuk dua Reversal Patterns dan sedang mengupayakan satu lainnya (lihat kotak biru).

Yang sudah terbentuk jelas adalah Double Bottoms dan Triple Tops. Sesuai teori, mereka disebut berhasil ketika neckline tertembus dan beralih meninggalkannya.

Sementara itu, satu lainnya yang sedang AUDUSD upayakan adalah Double Bottoms pula. Jika kelak penembusan harga berhasil break out dari neckline-nya, di titik inilah prinsip history repeat itself bisa berlaku.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan momentum terbaik ini?

Jika Anda percaya pada teori di atas, tentu aksi BUY yang harus Anda persiapkan. Anda bisa masuk sekarang dengan pertimbangan TP berdasar ukuran atau jarak neckline ke wave terakhir. Wave terakhir ini sekaligus merupakan area SL paling ideal.

Hanya ingat, teori Double Bottoms bisa kita katakan absah ketika muncul satu candlestick yang menembus atau tutup di atas neckline. Mungkin saja akan memakan waktu, tetapi mempertimbangkan ini adalah langkah meminimalkan risiko.

Kenapa berisiko? Bukanlah Reversal Patterns selalu paling ampuh?

Lihat area berkotak merah muda atau pink itu. Ia memang membentuk Double Tops, salah satu pola yang termasuk dalam Reversal Patterns, tetapi posisinya tidak sesuai momentum. Ini yang kita takutkan, sekaligus menjadi alasan kenapa berprasangka terhadap pola selalu harus jadi keutamaan.

Baca juga:
Swing Man