Sambut Hari Pahlawan, Sejumlah Mahasiswa Sulbar-Yogyakarta Sampaikan Testimoni

Sambut Hari Pahlawan, Sejumlah Mahasiswa Sulbar-Yogyakarta Sampaikan Testimoni
Mahasiswa Sulbar sampaikan tesmoni dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2017

Nalar PolitikDalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada hari ini, 10 November 2017, sejumlah mahasiswa Mandar Sulawesi Barat yang tengah menempuh pendidikan di Yogyakarta menyampaikan beberapa testimoninya. Mereka sampai itu melalui video blog yang disebar di berbagai grup-grup media sosial, seperti Facebook, Twitter, Line, dan WhatsApp.

Selain menyampaikan pesan dan bagaimana harusnya memaknai peringatan hari bersejarah ini, mereka juga mengimbau kepada semua, khususnya bagi mahasiswa dan pelajar Mandar Sulawesi Barat di Kota Pendidikan ini, turut serta dalam kegiatan IKAMA Sulbar-Yogyakarta yang sehubungan dengan agenda peringatan ini.

“Mari kita betul-betul menjaga marwah bangsa ini dan terus mengenal serta menghargai jasa para pahlawan kita,” ujar Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahaisiswa Majene Yogyakarta (IPMMY), Ihsan Tahir.

Hal senada juga disampaikan oleh satu anggota IPMMY, Riandy Aryani. Mantan Wakil Ketua IKAMA Sulbar periode sebelumnya ini mengajak para mahasiswa untuk tidak sebatas memaknai hari pahlawan ini sebagai peringatan serimonial belaka.

“Tidak sebatas mengingat atau mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan kita, tetapi lebih jauh, bagaimana kita dapat mengaktualisasikan nilai-nilai perjuangan mereka dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Sementara, menurut Ketua Umum IPMA Mateng Yogyakarta, Ghiry Pranata, momentum hari pahlawan nasional ini pun mesti dijadikan sebagai ajang pemberian apresiasi. Bahwa kita harus mengucap syukur dan rasa terima kasih kepada para pahlawan yang jasa-jasanya telah ikut dalam memajukan bangsa hingga hari ini.

“Kita harus memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para pahlawan kita. Karena pemuda yang baik adalah pemuda yang mengingat jasa-jasa pahlawannya,” tambahnya.

Ajang Pemersatu

Ketua Umum IPMAJU Jogjakarta, Andi Zulfahmi Hermawan, juga mengharapkan hal yang sama. Baginya, ini momentum yang harus dijadikan sebagai ajang pemersatu mahasiswa Sulbar di Yogyakarta.

“Mari memperingati hari pahlawan ini sebagai semangat perjuangan kita dalam mengejar, membangun, mencari ilmu. Kita harus jadikan itu sebagai semangat dalam semua pencarian positif di kehidupan sehari-hari kita,” harapnya.

Tak ketinggalan, PLT Ketua Umum IPMASA, Liu, juga mengimbau kepada semua untuk melakukan apa yang kita tahu harus dan layak dilakukan sebagai generasi penerus cita-cita para pahlawan.

“Banyak orang yang tahu apa yang harus dilakukan, tapi sedikit sekali yang melakukan apa yang mereka tahu. Itulah yang membedakan antara orang gagal dan sukses,” ujar Liu.

Karenanya, tambah Liu, jika teman-teman mengetahuai apa yang harus dilakukan, maka lakukanlah. Sebab, menurutnya, gerakan itu tak lain untuk memajukan daerah, negara, dan seluruh anak bangsa negeri ini ke depan.

Salah satu perwakilan mahasiswa baru angkatan 2017, Irawan Ghatuama, juga mengharapkan hal yang sama. Ia juga berpesan kepada semua untuk senantiasa meniru gerak para pahlawan terdahulu.

“Saya berharap kita semua dapat meniru para pahlawan kita. Kita harus mempraktikkannya dalam lingkung akademik masing-masing,” tuturnya.

___________________

Artikel Terkait:

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi
    Share!