Tanya Caleg PSI, Cara Inovatif PSI Perkenalkan Caleg ke Publik

Tanya Caleg PSI, Cara Inovatif PSI Perkenalkan Caleg ke Publik
Tanya Caleg PSI

Ulasan PersPartai Solidaritas Indonesia (PSI) kembali berinovasi dalam memperkenalkan para calon anggota legislatif mereka. Inovasi terbaru adalah menggelar sesi tanya-jawab dengan caleg secara live di fanpage Facebook PSI. Program ini mulai dilaksanakan pada Kamis, 22 November 2018 dan diberi nama Tanya Caleg PSI.

Ketua Tim Kampanye PSI, Sumardy, mengatakan, program ini merupakan cara PSI dalam memanfaatkan teknologi digital dalam memperkenalkan para caleg.

“Selama ini partai politik menggunakan cara konvensional. Tetapi PSI juga ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memperkenalkan caleg. Program ini membantu warga masyarakat di setiap dapil agar tidak membeli kucing dalam karung karena masyarakat bisa membedah langsung kompetensi dan kapabilitas caleg,” kata Sumardy yang juga salah seorang Ketua DPP PSI, dalam keterangan pers, Sabtu, 24 November 2018.

Pada program Tanya Caleg PSI ini, masyarakat dapat menanyakan langsung visi-misi caleg jika kelak terpilih menjadi anggota legislatif.

“Boleh bertanya apa saja. Misalnya, komisi berapa yang ingin ditempati, apa saja program yang diperjuangkan di daerah pemilihan, masa reses akan digunakan untuk apa, UU apakah yang akan diperjuangkan, dan seterusnya,” ujar Sumardy.

Pada episode pertama dan kedua, Kamis 22 November 2018 petang, PSI memperkenalkan dua caleg DPR RI, yakni, Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, seorang dokter dan ahli mikrobiologi dan caleg DPR RI dapil Jakarta I (Jakarta Timur); serta Yurgen Alifia Sutarno, caleg DPR-RI dapil Jawa Barat VI (Kota Bekasi dan Kota Depok) yang pernah menjadi jurnalis di beberapa stasiun TV berita nasional.

Saat live di Facebook berlangsung, terlihat antusiasme dari netizen yang berinteraksi dengan masing-masing caleg. Ada yang menanyakan visi dan misi. Ada yang sekadar memberikan semangat kepada PSI dan caleg tersebut.

Ada pula yang menanyakan hal lain seperti berapa biaya yang dibutuhkan untuk kampanye. Juga ada yang menyampaikan keluh kesah yang mereka rasakan atas kondisi daerahnya.

Akun Bagus Prasetyo menyampaikan ke Yurgen Alifia: “Bekasi, trans-patriot gagal operasi. Baru mau jalan lagi sekarang.”

Lebih lanjut, Sumardy menyatakan, program ini akan rutin digelar setiap pekan. “Saat ini kita adakan untuk caleg di tingkat DPR RI. Ke depan, program ini akan dilanjutkan ke caleg tingkat DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota,” lanjut Sumardy.

Ia berharap program Tanya Caleg PSI ini dapat menjadi sarana bagi publik untuk menggali informasi sedalam-dalamnya tentang para caleg yang diusung PSI.

*Rilis Media DPP PSI – Narahubung: Steffi 082128275242

    Redaksi

    Reporter Nalar Politik
    Redaksi
    Share!