Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Gembar-gembor Kebangkitan PKI

Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan terkait Gembar-gembor Kebangkitan PKI
©FB

Nalar Warga – Ada tiga hal yang perlu diperhatikan terkait gembar-gembor kebangkitan PKI itu.

Pertama, PKI tidak mungkin bangkit karena partai ini masih dinyatakan sebagai partai terlarang. Adapun komunisme, ideologi ini sudah bangkrut di mana-mana.

Di Rusia, partai komunis hanya mendapatkan belasan persen suara. Sementara Cina tinggal menyisakan komunisme di ranah politik; pada ekonomi, mereka sudah menjadi negara kapitalis. State capitalism.

Kedua, tak ada bukti yang menunjukkan bahwa isu PKI memberi faedah elektoral. Kekuatan politik yang gunakan isu ini kalah melulu.

Survei SMRC, April 2019, menunjukkan 80 persen warga tidak setuju dengan pendapat bahwa Jokowi adalah orang atau terkait dengan partai komunis. Hanya segelintir orang Indonesia yang percaya.

Ketika ditanya bagaimana pandangan mereka tentang hubungan RI dan RRC, 47 persen menyatakan itu adalah murni hubungan bisnis yang menguntungkan. Hanya 26 persen yang menganggap hubungan itu bisa menghidupkan kembali komunisme dan partai komunis.

Ketiga, isu kebangkitan PKI ini juga sangat berbahaya. Di masa lalu, mereka yang dicap sebagai PKI bisa berujung pengusiran, pemenjaraan tanpa pengadilan, penyiksaan dan pembunuhan.

Di masa sekarang, isu kebangkitan PKI digunakan oleh sekelompok orang untuk membubarkan pertemuan warga, melarang diskusi, menghentikan pemutaran film, membakar buku, dan mengancam kelompok minoritas dan orang-orang yang memiliki pandangan kritis.

Maka sudahilah.

*Saidiman Ahmad

Baca juga: