Tugas untuk Jokowi Selesai, Yusril Kembali Jadi Advokat Profesional

Tugas untuk Jokowi Selesai, Yusril Kembali Jadi Advokat Profesional
©Detik

Tugas untuk Jokowi selesai tak membuat Yusril berhenti mengabdi.

Nalar Politik – Dilantikkan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024 menjadi tanda berakhirnya tugas Yusril Ihza Mahendra selaku penasihat hukum pasangan terpilih.

Kepada awak media, Yusril menyatakan akan kembali ke profesinya untuk mengabdi. Ia tetap akan menjadi advokat profesional sebagaimana sumpah jabatannya.

“Menjadi advokat adalah profesi yang selama ini saya tekuni. Tampaknya inilah ladang tempat saya mengabdi kepada negara dan bangsa,” tutur profesor bidang hukum konstitusi ini.

Meski tugas untuk Jokowi telah selesai, Yusril tetap berharap Kabinet Kerja II senantiasa memperhatikan pembangunan norma hukum. Bahwa norma hukum tetap harus berjalan benar, termasuk juga soal penegakannya di lapangan.

Ia menegaskan, salah satu agenda penting bangsa Indonesia adalah pembenahan masalah hukum. Yang dibutuhkan oleh sebuah bangsa untuk maju adalah adanya norma hukum yang adil, rasional, sistematis, dan harmoni satu sama lainnya.

“Jangan sampai terjadi tabrakan antarnorma hukum. Kepastian hukum harus terjamin dengan penegakannya yang konsisten.”

Dari luar pemerintahan, Yusril mengaku tetap akan membantu kerja-kerja presiden dan kabinetnya jika memang dibutuhkan di kemudian hari.

“Saya tetap akan menjaga hubungan baik dengan pemerintah dan berharap pemerintahan Jokowi periode kedua ini akan sukses membawa bangsa dan negara menuju kejayaan.” [ab]

Baca juga: