UU Cipta Kerja Bikin Investor Luar Negeri Optimis Tanam Modal di Indonesia

UU Cipta Kerja Bikin Investor Luar Negeri Optimis Tanam Modal di Indonesia
©Maxiland

Nalar Politik – Analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi menilai investor asing makin optimistis terhadap kehadiran UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Disahkannya UU Cipta Kerja membawa angin segar di Indonesia, terutama di sektor investasi. UU ini membuat penanam modal asing untuk mempercayai Indonesia sebagai negara yang potensial untuk berinvestasi,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (31/12).

Menurut dia, selain memberikan jaminan kemudahan investasi, melalui UU ini pemerintah juga memangkas perizinan yang berbelit.

Dampak dari UU tersebut justru membuat kepercayaan investor membaik. Apalagi, terdapat sejumlah pasal dalam klaster investasi yang mempermudah para calon penanam modal asing untuk berinvestasi di Indonesia.

Memang, kehadiran Omnibus Law UU Cipta Kerja merupakan strategi pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui reformasi regulasi di bidang perizinan berusaha dalam rangka peningkatan investasi.

Selain itu, pemerintah mengklaim UU ini juga disusun untuk menyelesaikan hambatan dalam berinvestasi, khususnya dikarenakan panjangnya rantai birokrasi, peraturan yang masih saling tumpang-tindih, serta banyaknya regulasi yang tidak harmonis khususnya pada regulasi daerah dan pusat.

UU Cipta Kerja juga memicu banyak perusahaan asing berlabuh di Indonesia. Semisal Amerika Serikat yang telah melirik Indonesia bagian Timur. Australia juga bakal mengolah pembangkit listrik di Papua dan Kalimantan.

Seperti diketahui, selama ini perusahaan asing memilih Vietnam, Kamboja, dan Thailand menjadi lokasi investasi langsung. Namun, dengan adanya UU Cipta Kerja ini yang telah mengatur perizinan sampai dengan tenaga kerja membuat para investor merasa dihargai. [vo]