Wirausaha dan Mahasiswa

Wirausaha dan Mahasiswa
©Kumparan

Berwirausaha pada dasarnya mengarahkan semua kemampuan yang dimiliki dalam memanfaatkan peluang berusaha secara mandiri. Menurut J.B Say (1803), wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimilikinya secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Wirausaha dalam pandangan Islam

Islam tidak hanya mengajarkan tentang beribadah, tetapi juga mengajarkan umatnya untuk belajar mandiri serta kerja keras, salah satunya dengan wirausaha.

Menjadi seorang pengusaha yang sukses menurut Islam adalah menjalankan segala perintah Allah dalam semua aspek termasuk dalam usahanya, yaitu dengan menegakkan yang halal dan menjauhkan yang haram. Salah satu ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang seseorang untuk berwirausaha adalah QS. At Taubah ayat 105 yang artinya:

Dan Katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Dari arti ayat di atas jelas tidak adanya larangan perihal berwirausaha dalam Islam.

Wirausaha Muda Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang masih mengandalkan uang orang tua untuk biaya dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah usaha dari mahasiswa itu sendiri untuk mandiri dengan salah satunya berwirausaha.

Menjadi wirausahawan muda menjadi kebanggaan tersendiri bagi para mahasiswa di saat ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan. Kewirausahaan harus menjadi prioritas utama bagi mahasiswa di samping pelatihan dan pengembangan pengetahuan.

Dibutuhkan perancangan yang inovatif dalam berwirausaha. Pengusaha juga harus memperhatikan situasi dan kondisi yang berkembang agar dapat mengantisipasi dan membentuk strategi bisnis yang efektif.

Baca juga:

Dalam membangun wirausaha tentunya ada halangan atau kendala tersendiri bagi mahasiswa, salah satunya adalah modal. Sebenarnya masalah ini bisa saja diatasi dengan cara misalkan dengan menabung, meminta/meminjam dari orang tua, ataupun meminjam bank.

Kendala lain mahasiswa dalam membangun wirausaha adalah masalah waktu. Dengan adanya jadwal kuliah, kegiatan kampus serta organisasi yang begitu padat bisa menjadi salah satu kendala mahasiswa dalam berwirausaha. Dengan ini maka mahasiswa sangat perlu pintar dalam membagi waktu agar bisa lebih efektif dalam menjalankan wirausahanya.

Sebelum membangun sebuah wirausaha tentu saja yang perlu diperhatikan adalah mental mahasiswa tersebut. Demi menjadi seorang wirausaha yang sukses tentu saja mental termasuk modal yang penting untuk mahasiswa.

Kebanyakan mahasiswa terlalu pesimis akan ke depannya, sering kali berpikir apakah usahanya akan sukses? Akan laku atau tidak? Dengan tidak percaya terhadap diri sendirinya itu menjadi masalah dan berujung mengurungkan niatnya untuk memulai sebuah usaha.

Memiliki mental yang bagus, kuat sangat berpengaruh terhadap mahasiswa, agar terus selalu berjuang, tidak mudah menyerah, dan juga tidak minder melihat kesuksesan orang lain dalam berwirausaha. Dengan melihat kesuksesan orang lain dalam berwirausaha seharusnya menjadikan itu sebagai motivasi dirinya, percaya bahwa dirinya juga mampu sukses seperti orang lain.

Kendala terakhir dalam membangun wirausaha adalah Lingkungan. Lingkungan juga bisa menjadi kendala dalam membangun wirausaha. Jika lingkungan mahasiswa tersebut tidak mendukung untuk membangun suatu usaha, maka dalam menjalankan usaha itu pun juga akan sulit.

Selain adanya kendala ketika membangun wirausaha dalam mahasiswa tentu saja ada keuntungan di balik itu. Keuntungan membangun wirausaha saat mahasiswa adalah adanya relasi dan mahasiswa yang memiliki ide dan juga inovasi menarik.

Selain itu, berwirausaha ketika masih kuliah juga akan banyak kenalan yang dapat dijadikan target pasar. Itu sangat menguntungkan karena bisa meminta bantuan kepada teman-teman lainnya untuk membantu mempromosikan usaha tersebut.

Baca juga:

Keuntungan lainnya, mahasiswa mampu berpenghasilan sendiri dan itu juga bisa membantu mahasiswa tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga membiayai kuliahnya sendiri tanpa meminta kepada orang tua lagi. Berwirausaha ketika masih kuliah juga bermanfaat untuk mahasiswa bisa memperoleh ilmu dan juga pengalaman serta mengetahui lebih dini bagaimana berwirausaha yang tepat.

Beberapa contoh usaha/bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa antara lain :

  • Bisnis pulsa elektrik
  • Online shop
  • Jualan makanan kecil
  • Membuka les privat
  • Jasa pengetikan
  • Jasa Servis laptop/ komputer
  • Jasa fotografi

Itu beberapa contoh yang bisa dijalankan mahasiswa ketika ingin membangun sebuah usaha. Yang terpenting saat nahasiswa ingin berwirausaha adalah benar-benar yakin dan memiliki tekad serta niat yang serius dalam berwirausaha, dan juga tidak takut gagal.

Jika gagal, jadikan itu sebagai pembelajaran dan mulai bangun lagi dengan persiapan yang lebih matang. Dan yang perlu diingat walaupun sedang menjalankan sebuah usaha jangan lupa akan tugas dan kewajibannya sebagai mahasiswa.

    Muhammad Diaz Ibnu Syahputra
    Latest posts by Muhammad Diaz Ibnu Syahputra (see all)